YAYASAN PUSAKA THAMRIN DAHLAN (YPTD)

 

RESUME


YAYASAN PUSAKA THAMRIN DAHLAN (YPTD)

Hindun, M.Pd


Profil Narasumber





Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD) didirikan atas inisiatif Bundo Kanduang (Almh) AKBP (P) Hj. Husna Darwis binti Hj. Dahlan, SH. Beliau seorang Mantan Polisi Wanita dan Notaris yang ber kantor di Bogor memiliki keinginan kuat untuk meningkat kan kegemaran membaca dan menulis keluarga besar Petokayo dan masyarakat. 

Niat tersebut diwujudkan dalam bentuk mendirikan Perpustakaan Kasidah di Jambi tempat dibesarkan untuk masyarakat umum Tempino dan sekitarnya.   Almarhumah Bundo Kanduang memiliki koleksi buku yang cukup banyak terdiri dari berbagai Ensiklopedia dan Majalah Intidsari serta buku buku hukum serta buka agama.

Semua buku tersebut disimpan di Perpustakaan Husna di Perumahan Taman Cimanggu Bogor. Sebelum wafat Uni Husna mewasiatkan dan mewakafkan sebagian dana untuk kegiatan Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan yang fokus menerbitkan buku ber ISBN Tanpa Biaya.

YPTD bergerak di bidang sosial kemasyarakatan khususnya  bidang pendidikan.   YPTD fokus membantu para penulis menerbitkan buku ber lisensi Barcode ISBN Perpustakaan Nasional Tanpa  Biaya.

Kegiatan ini dilakukan mengingat selama ini para penulis terkendala dalam menerbitkan buku karena tidak diterima oleh Penerbit Major (besar)  sedangkan Naskah Buku sudah tersedia.  Disamping itu keinginan menerbitkan buku secara indie (pribadi) melalui perusahaan jasa penerbit  memerlukan biaya yang cukup besar.

Oleh karena itu  YPTD bertekad membantu para penulis memiliki master buku sebagai Mahkota  seorang Jurnalis.  Sejak kegiatan di canangkan  pada tanggal 19 Agustus 2020 YPTD telah membantu menerbitkan 36 Buku para penulis.   Tentu saja  kegiatan ini merupakan bagian tak terpisahkan  turut serta dalam upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas Literasi Indonesia.

Nilai - Nilai

1.      Kemuliaan

2.      Kejujuran

3.      Transparan

4.      Akuntabel

5.      Kebersamaan

6.      Kemanusiaan

7.      Legacy

8.      Peduli

9.      Literasi Indonesia

10.  Buku adalah Mahkota Penulis

Visi

 

Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan komitment melaksanakan kegiatan bidang pendidikan dalam bentuk peran serta aktif meningkatkan kualitas dan kuantitas Literasi Indonesia fokus menerbitkan buku ber Lisensi Barcode ISBN Perpustakaan Nasional Tanpa Biaya

 

Misi

 

1.      Membantu para menulis menerbikan buku ber ISBN tanpa biaya

2.      Menyelenggarakan Pelatihan Menulis

3.      Menggerakkan kegiatan menulis melalui website YPTD terbitkanbukugratis.id

 

Motto

 

Penasehat Penakawan Penasaran

 

Organisasi

 

Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan merupakan Amanah Bundo Kandung Petokayo AKBP (P) Hj. Husna Darwis binti H. Dahlan, SH Notariat (Almarhumah)

 

Pengurus

Pembina          : M Yahya Dahlan

Ketua               : H. Thamrin Dahlan, SKM, M.Si

Sekretaris        : Renditthya Ramdan Fikiri, S, Hum

Bendahara      : Hj. Enida Busri, SKM, S, Kep

Anggota           : Aditya Husada. SE

                                      Amalia Muflihat, S.Hum

  Fauzan Hamidi, SE

Komisaris     :    Ir. Erdonis

                          Marlisa, SH.  M.Kn

  Ria Kemala SE

 

 

MEKANISME KERJA PENERBITAN BUKU

 

Gerakan menerbitkan buku ber – ISBN tanpa biaya dimulai ketika 20 orang penulis bermusyawarah di Cooffe Tofee Margonda Depok 19 Agustus 2020. Merupakan hari bersejarah ketika Gerakan ini mendapat dukungan sepenuhnya dari teman teman penulis.

Para Penulis segera men-sosialisasi-kan Gerakan Terbitkan Buku Gratis  di media sosial baik di kompasiana.com, Facebook.com maupun di kanal  jaringan internet masing masing.  Seketika tanggapan dari para penulis yang telah mempunyai sedemikian banyak tulisan namun belum dibukukan cukup ramai masuk ke YPTD.

Informasi terbitkan buku gratis semakin marak ketika website YPTD yang di desain oleh sobat Nuryadi beralamat : terbitkanbukugratis.id di launching 25 Agustus 2020. Media komunikasi antara penulis YPTD intens melalui Whats App Group terbitkanbukugratis.id

Mukti Ali merupakan penulis pertama yang bukunya berjudul kenapa Orang Arab Tidak Suka Sendok diterbitkan YPTD.

 

 

 

Program Menerbitkan Buku

 

Program A : Penulis telah mempunyai naskah buku segera  kirim ke email thamrindahlan@gmail.com

Program B : YPTD menerbitkan Buku dari Para Penulis posting di website terbitkanbukugratis.id setelah terkumpul naskah 150 – 200 halaman.

Program C : Penulis posting di website YPTD terbitkanbukugratis.id sampai 40-50 artikel kemudian buku diterbitkan YPTD

 

 Proses  Penerbitan Buku :

 

1.      YPTD menerima Nahkah Buku Penulis via email thamrindahlan@gmail.com lengkap dengan Judul, Daftar Isi, Cover depan belakang Buku dan Kata Pengantar.

Ketentuan Standard baku Buku terbitan YPTD

a.       Ukuran A5

b.      Font 12

c.       Margin 1.5/1/1/1

d.      Huruf Times News Roman

e.       Spasi 1.5

f.       Ketebalan 150 – 200 Halaman

 

2.      Tahapan selanjutnya setelah naskah memenuhi standard baku, Admin YPTD setiap hari Senin mengajukan permohonan Lisensi Barcode ISBN (International Standard Book Number) ke Perpustakaan Nasional.

 

3.      Setelah Barcode ISBN di keluarkan Perpustakaan Nasional,  Admin meng - informasi kan kepada para penulis melalui  WA Group terbitkanbukugratis agar para penulis melakukan editing atau persiapan buku sebelum naik cetak.

 

4.      Admin YPTD menyiapkan Kata Pengantar Penerbit, Halaman Judul dan Nomor Urut terbit serta Barcode ISBN.

 

5.      Penulis memasukkan point (4) kedalam buku yang akan diterbitkan.

 

6.      Selanjutnya setiap hari Rabu 2 (dua) pekan sekali Admin YPTD mencetak buku. Seluruh biaya cetak ditanggung YPTD.  Rata rata biaya cetak buku Rp 250.000 (duaratus lima puluh ribu rupiah) per judul. Buku dicetak  di Buring Digital Print Jalan Magonda Raya 393 Pondok Cina Depok.

 

7.      Setiap Judul Buku dicetak 5 buah dengan aturan distribusi

a.       2 buku untuk Perpustakaan Nasional

b.      1 buku untuk Penulis berikut soft copy (flash disk)

c.       1 buku untuk Penyandang Dana

d.      1 buku untuk YPTD

 

8.      Buku untuk Penulis berserta soft copy dikirim by logistic transportation.  Secara resmi seorang Penulis memiliki Mahkota ketika telah memiliki Buku Perdana. Seandainya  ingin memperbanyak buku untuk dipromosikan kemudian dijual atau untuk hadiah Penulis bisa mencetak Buku secara mandiri menggunakan soft copy di percetakan mana saja.

 

9.      Buku buku untuk Sponsor akan dikirimkan ke alamat by Go Send sesuai  jumlah buku ke alamat Penyandang Dana berserta ucapan terima kasih telah mendukung Gerakan Menrbitkan Buku ber ISBN Tanpa Biaya.

 

10.  Setiap hari Rabu 2 bulan sekali YPTD menyerahkan secara langsung Buku Buku yang telah diterbitkan ke Perpustakaan Nasional sesuai Regulasi ISBN.  Buku buku para penulis menjadi milik dan koleksi Negara tersimpan abadi di Perpustakaan Nasional

 

11.   2 Pekan sekali YPTD minimal mencetak 10 buku sehingga target  menerbitkan 200 buah buku selama satu tahun sampai 29 Juli 2021 tercapai.


Dokumentasi Kegiatan Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan









International Standard Book Number (ISBN)

Perpustakaan Nasional





Dibawah ini adalah Profile seorang Bapak Haji Thamrin Dahlan, yang senang berpantun, ini contoh salah satunya :

Pergi ke rimba jangan sendiri
Bahaya ada sarang penyamun
Senen semua menyibukkan diri
Tak ada waktu untuk melamun






Komentar

Jumlah Pembaca

Bab II Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi

Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat

AKTIVITAS MANUSIA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN