MEMANFAATKAN TEKNOLOGI UNTUK MENCIPTAKAN JOY FULL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS BAIK SECARA DARING MAUPUN LURING
Tanpa terasa ternyata kita sudah
menjalani Pembelajaran Jarak Jauh, atau Belajar Dari Rumah ini sudah
berlangsung selama 2 tahun yang lalu. Ketika Pembelajaran Online ini di mulai
di WAG Instruktur Kurikulum kami diminta untuk menuliskan tentang pengalaman
kami mengajar secara online. Karena Pembelajaran secara online ini Merupakan
pembelajaran gaya Baru yang benar-benar dijalan secara full, kepada peserta
didik. Teman-teman yang Gaptek tentu saja kelimpungan dengan adanya perubahan
Pola Pembelajaran seperti ini. Sebelum Gurunya juga di minta untuk mengajar
dari rumah, itulah waktu yang dimanfaatkan oleh kami semua untuk mengadakan
pelatihan secara dadakan tentang pemanfaatan Google Classroom dan WAG saja, itu
Merupakan pembelajaran yang sempat kami lakukan sebelum Pembelajaran secara
jarak jauh benar-benar dilakukan.
Tapi Alhamdulillah Aku memang senang
mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan teknologi, walaupun Aku hanya
sebagai guru IPS. Selama kami melakukan Pembelajaran Jarak Jauh ini, Aku selalu
berusaha untuk mencoba hal-hal baru
dalam Pembelajaran secara online yang Aku terapkan dalam Pembelajaran IPS.
Misalnya di awal PJJ yang Aku lakukan, Aku berusaha bagaimana membuat
pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik. Hal-hal yang
pernah ku coba dalam PJJ selama ini, Alhamdulillah Aku juga membuatnya dalam
beberapa karya tulisan, yang kuharapkan kesemuanya dapat bermanfaat bagi semua
guru yang membutuhkan. Misalnya tulisan Artikelku yang pertama kali ditayangkan
di Website: https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/,
berikut judul tulisan Artikel yang ditayangkan :
- 1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM BUKU BSE, KVISOFT DAN QUIZIZZ, https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/pembelajaran-jarak-jauh-dengan-menggunakan-google-classroom-buku-bse-kvisoft-dan-quizizz/
- 2. QUIPPER SCHOOL ALTERNATIF PEMBELAJARAN ONLINE, https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/quipper-school-alternatif-pembelajaran-online/
- 3. CARA MUDAH MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN POWER POINT, https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/cara-mudah-membuat-media-video-pembelajaran-dengan-power-point/
Dari ketiga
tulisan ini lah mambuatku terpacu untuk mencoba-dan mencoba lagi formula
pembelajaran yang bisa kulakukan agar pembelajaran jarak jauh bisa dilakukan
secara optimal dan yang paling penting adalah menyenangkan. Pada awal
pembelajaran juga Aku juga kadang membuat selingan pembelajaran IPS dikaitkan
dengan Puisi Haiku, dan ternyata menghasilkan hasil yang luar biasa, Anda bisa
melihat hasil dari peserta didik kami dengan Pembelajaran Online pun mereka
bisa memproduksi hasil literasi peserta didik kami dalam bentuk Puisi. Ini
adalah sebagian Puisi yang didapat dari Penggabungan Pembelajaran Puisi Haiku
dengan menggunakan Google Form pada Google Classroom., berikut contoh hasil
mereka yang Aku abadikan dalam bentuk tulisan :
1. Di tiga bulan pertama pada masa Pandemi Corona, Kami melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan PJJ atau BDR tersebut. Ternyata PJJ yang selama ini kami lakukan ada beberapa siswa yang tidak dapat melakukan itu semuanya, Misalnya penggunaan buku Kvisoft, hanya 35% saja yang bisa membukanya. Kemudian menggunakan kuis atau mengerjakan soal dengan menggunakan Quizzizz secara langsung, yang bisa mengikuti hanya sekitar 85%, karena banyak juga diantara peserta didik yang tidak punya HP sendiri, meraka menggunakan HPnya satu untuk berdua, bahkan ada juga yang berempat, karena dalam sekeluarga hanya memiliki 1 HP dan itu pun digunakan ayahnya dulu untuk bekerja. Khususnya kelas VII, tapi untuk kelas 9, yang tidak bisa langsung mengerjakan hanya sekitar 2% saja. Karena HP-nya digunakan secara bersama.
Akhirnya Pada saat tahun pelajaran baru, kami memutuskan untuk menggunakan Media Sosial WAG dan Google Classroom, yang hampir 100% peserta didik bisa mengikutinya. Sebagai selingan kami juga bisa menggunakan model Pembelajaran Online lainnya, yang Kami dapatkan dapatkan pada saat pelatihan atau webinar, seperti Wordwall, Padlet dan Pemanfaatan Blogspot. Di Samping itu pula Aku juga mengembangkan Potensi Literasi Peserta didik agar mereka juga bisa berkarya dengan hasil tulisannya yang Aku kaitkan dengan memasukkan Puisi Akrostik Dalam Pembelajaran IPS Yaitu Pemanfatan WAG, dan semuanya itu sudah ku tuangkan dalam sebuah karya.
Setelah Pembelajaran dengan menggunakan Puisi Akrostik dalam pembelajaran IPS, Aku melihat bahwa sebenarnya Potensi Peserta didik yang Aku ajarkan disini luar biasa, hanya dengan memberikan sedikit motivasi saja tapi sudah menunjukkan hasil yang luar biasa. Maka pada pertemuan berikutnya Aku mencoba untuk memasukkan Puisi Haiku dalam pembelajaran IPS, dengan tujuan yang sama, bagaimana Literasi Peserta didikku jika di latih untuk merangkai kata, apakah mereka bisa. Ternyata Dugaanku benar mereka memang anak-anak yang luar biasa, dengan memberikan motivasi sedikit saja hasilnya juga luar biasa anak bisa membuat karangan puisi Haiku.
Sebenar hasil
yang dikumpulkan oleh peserta didikku sudah luar biasa, Dari tulisan-tulisan
ini, nanti akan kujadikan sebagai buku Antologi Puisi Akrostik, Peserta
didikku. Jika disesuaikan dengan judul dan jumlah kelas yang kuajarkan pada
saat ini, bisa saja dibuat menjadi 12 buku Puisi Antologi Puisi Akrostik dan
Puisi Haiku Dalam Pembelajaran IPS, tapi jatah dari sekolahku untuk TW ini
hanya 1, mudah-mudahan di TW 2, satu buku lagi, dan itu sudah di setujui oleh
Kepala Sekolah. Mudah-mudahan tahun ini dari Pembelajaran IPS bisa 2 Judul buku
yang bisa di terbitkan dari mengembangkan Potensi Peserta Didik yang luar
biasa. Ini ada contoh Puisi Haiku karya Intan Aulia, yang berkaitan dengan
Potensi Diri Peserta Didik tentang Haiku Kesaktian Pancasila dan Haiku HUT TNI.
PUISI HAIKU
Nama : intan aulia putri
(21)
Hari Kesaktian
Pancasila
Pancasila yang sakti
karena merupakan
Perwujudan nilai,
budaya, dan jati diri bangsa
Tanah air kita yang
tercinta
Bung Karno sang pemimpin
besar
Merumuskan Pancasila
dengan sungguh – sungguh demi kemerdekaan
Tanah air bumi pertiwi
Indonesia
Pancasila merupakan
bagian terpenting Indonesia
Sebagai pandangan hidup
dan dasar negara Indonesia
Yang sesuai dengan
budaya nusantara
Marilah hargai jasa
pahlawan bangsa
Yang berjuang
memerdekakan bangsa, merebutnya dari penjajah
Mengibarkan merah putih
dengan bangga
HUT TNI
Dirgahayu TNI jayalah
selalu Indonesiaku
Majulah Tentara
Indonesia, garda pelindung terdepan bangsa
Teruslah berjuang wahai
perwira bangsa
Kau korbankan waktumu
demi bangsa
Tak segelintir rasa
takut terlihat di wajahmu
Walaupun harimu dipenuhi
dengan pembantaian
Kau rela pertaruhkan
seluruh nyawamu,
Air mata tak dapat
meruntuhkan semangat juangmu
Semangat yang membara
menaklukan penghalangmu
Derap langkah kaki yang
gagah
Membawa dan memikul
beban yang berat dipundak
Supaya terjaga keamanan
seluruh bangsa
Pengabdian itu bukan
tentang pangkat
Melainkan tentang
keikhlasan dan ketulusan dalam menjalankannya
Semoga TNI selalu
dicintai rakyat
Dirgahayu TNI, semoga
terus berjaya
Di darat, di laut maupun
di udara
Teruslah mengawal NKRI
dan rakyatnya
Ini baru satu
contoh, masih banyak lagi Puisi yang sudah dibuat oleh peserta didikku, yang
rencananya ini juga akan dibukukan, Ternyata dengan Belajar dari Rumah dan
memanfaatkan teknologi ada dampak positifnya, ketika Aku menerapkan
pembelajaran ini 100 %, peserta didik mengumpulkan tugas, karena mereka bisa
melihat bahwa tulisan mereka ditayangkan secara online dan itu adalah salah
satu bentuk penghargaan bagi meraka. Ternyata Dalam waktu singkat saja sudah
banyak sekali tulisan yang dihasilkan oleh peserta didikku, mudah-mudahan
Bukunya pun cepat terealisasi, Aamiin.
Sebenarnya masih
banyak hal-hal yang bisa ku lakukan untuk pembelajaran Joyfull learning yang
sifatnya bisa Luring, misalnya membuat Mind Map dan membuat POP UP BOOK dalam
pembelajaran IPS, dan ternyata menghasilkan hasil kreasi peserta didik yang
luar biasa. Untuk Program selanjutkan Aku ingin mengajak kepada peserta didik
untuk melatih mereka untuk ke tantangan berikutnya yaitu membuat Karangan Opini
tentang Sumpah Pemuda di Masa Pandemi, dan Hari Pahlawan di Masa Pandemi, Aku
berupaya untuk memanfaatkan teknologi, dan tidak lupa melaksanakan dengan
kegiatan yang menyenangkan, dan Alhamdulillah anak-anak menyukainya. Seiap
pembelajaran IPS hampir bisa diikuti oleh peserta didik 100 %. Alhamdulillah
selama PJJ ini, aku sudah bisa menghasilkan 1 buku Antologi Cerpen karya
Gabungan Guru dan Peserta Didik kami di SMPN 179 Jakarta yang berjudul “Warna
Cerita Kita”, Antologi Pejuang Literasi, dan Karya Buku Perdanaku sendiri
Pembelajaran Online Pada Masa Covid-19. Kesemuanya itu bisa berwujud dengan
memanfaatkan Teknologi Untuk Menciptakan Joy Full Learning Dalam Pembelajaran
IPS Baik Secara Daring Maupun Luring. Di bawah ini adalah contoh hasil Kreatifitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran Online Selama BDR.
Dibawah ini adalah hasil karya menulisku dan siswaku.
Salam Literasi
Lenteng Agung 2020
Terima kasih sdh ikut memeriahkan bulan bahasa dan sumpah pemuda
BalasHapussama-sama semoga sukses selalu pak
Hapussemoga masuk nominasi ya bu karya tulisnya
BalasHapusterima kasih
Hapusbagus bu.mudah-mudahan masuk nominasi ya bu.amien
BalasHapusTerima kasih Arvan, aamiin
BalasHapusMantap Bu. Ada yang bisa dipelajari. Mudah mudahan, Ibu bisa ikut lomba dan memenangkan lomba ya Bu,,
BalasHapusAmin😊
Hapuskeren bu, banyak pelajaran yang bisa diambil dan membuat kita gemar membaca��������
BalasHapusterima kasih
Hapus