Pengertian dan Karakteristik Globalisasi

 

Pengertian dan Karakteristik Globalisasi


Hindun, M.Pd.

 

Materi Pembelajaran ini Aku sadur dari ruang guru yang dijadikan sebagai bahan pembelajaran tentang Globalisasi.

Siapa di antara kalian yang suka menggunakan jasa ojek online? Biasanya kalian menggunakannya untuk apa? Untuk bepergian kah, atau memesan makanan? Sadar nggak sih kalian kalau hadirnya transportasi dan penyedia-penyedia jasa lainnya secara online itu merupakan dampak dari globalisasi? Kini semua dapat dilakukan secara online, bahkan kita tidak perlu lagi membawa uang tunai kemana-mana, karena transaksi pun dapat dilakukan secara online. Lalu, tahukah kalian apa yang dimaksud dengan globalisasi itu?

 

  • PENGERTIAN GLOBALISASI

Oke, jadi begini, globalisasi adalah meluasnya pengaruh kebudayaan dan ilmu pengetahuan ke seluruh penjuru dunia. Globalisasi identik dengan istilah global village atau desa global, di mana batas-batas wilayah negara menjadi pudar karena kemajuan teknologi alat komunikasi dan transportasi.

Mengapa batas negara disebut pudar? Batas negara disebut pudar karena semua orang bisa mengunjungi negara mana pun dengan sangat mudah karena bantuan alat transportasi modern. Selain itu, komunikasi antarmasyarakat beda negara bisa dengan mudah dilakukan karena bantuan alat komunikasi dan jaringan internet. Batas negara disebut pudar karena sekarang kita bisa menemukan barang-barang dagang dari luar negeri dengan sangat mudah.

 

  • PROSES TERJADINYA GLOBALISASI

Globalisasi ternyata tidak terjadi secara tiba-tiba lhoGlobalisasi terjadi dengan melalui banyak proses. Apa saja ya kira-kira prosesnya?

  • Globalisasi muncul karena adanya perkembangan ilmu pengetahuan.

Perkembangan ilmu pengetahuan adalah proses awal terjadinya globalisasi. Melalui pengetahuan, manusia bisa melakukan banyak perubahan.

  • Perkembangan ilmu pengetahuan adalah awal dari kemajuan teknologi informasi, teknologi komunikasi, dan teknologi transportasi.
  • Kemajuan teknologi akhirnya mendorong banyak inovasi di kehidupan sosial masyarakat.

Salah satunya adalah kemajuan teknologi yang mendorong peningkatan kualitas pendidikan. Sekarang ini, anak-anak dapat dengan mudah mengakses konten-konten pendidikan dari smartphone yang mereka gunakan. Contohnya adalah aplikasi belajar Ruangguru. Melalui produk RuangbelajarRuangguru mampu menjadikan teknologi sebagai medium penyedia konten dan sistem pembelajaran yang lebih menarik dan efektif.

Perlu diingat nih, kemajuan di bidang pendidikan yang didukung oleh teknologi, memberi dampak pada naiknya kualitas sumber daya manusia. Naiknya kualitas SDM, akhirnya menghasilkan generasi muda berprestasi, yang mampu membuat temuan-temuan serta trobosan yang berguna dan berdampak positif bagi masyarakat luas.

KARAKTERISTIK GLOBALISASI

Menurut Cohen dan Kennedy karakteristiknya adalah:

1. Meningkatnya masalah bersama, seperti penyebaran virus penyakit yang terbawa dari orang-orang migrasi, hutang luar negeri, dan pola-pola kejahatan internasional.

2. Meningkatnya interaksi kultural antar negara melalui media massa dan internet.

3. Negara-negara di dunia memiliki tingkat ketergantungan yang tinggi karena pasar dan produksi ekonomi. Kegiatan perekonomian yang dilaksanakan secara global mendorong lahirnya organisasi World Trade Organization, pengawas pelaksanaan ekonomi perdagangan internasional.

4. Perubahan dalam konsep ruang dan waktu, dimana batas teritorial negara semakin memudar karena mudahnya migrasi penduduk.

ASPEK POSITIF DAN NEGATIF GLOBALISASI

Arus globaliasi memberikan dua aspek dalam kehidupan sosial kita, yaitu aspek positif dan aspek negatif. Aspek positif dan negatif globalisasi sebetulnya bergantung pada bagaimana masyarakat dan negara menyikapi globalisasi.

 

 

 

ASPEK POSITIF GLOBALISASI

 

Perkembangan teknologi menjadi salah satu faktor mengapa globalisasi dapat dianggap positif. Perkembangan ilmu sains yang kemudian memunculkan inovasi-inovasi dibidang teknologi, manfaatnya sangat banyak. Seperti teknologi pengiriman pesan, jika dahulu kita harus susah payah datang ke kantor pos untuk berkirim kabar, saat ini dengan hanya menggunakan teknologi seperti smartphone dengan koneksi internetnya, kita dengan sangat mudah berkirim pesan dengan hitungan detik, bahkan bisa bertatap muka langsung. Sama halnya transportasi, perkembangan teknologi mendorong manusia membuat inovasi seperti ojek online. Kini masyarakat Indonesia, khususnya di kota-kota besar dengan tingkat mobilitas yang tinggi, akan sangat terbantu dengan adanya aplikasi layanan ojek online ini. 

ASPEK NEGATIF GLOBALISASI

 

Sekarang kalian sudah tahukan pengertian globalisasi beserta karakteristiknya? Globalisasi dapat berpengaruh positif dapat juga berpengaruh negatif. Pada dasarnya, globalisasi berpengaruh terhadap segala aspek kehidupan, terutama pada ilmu pengetahuan. Jadiii agar globalisasi ini berdampak positif, maka kalian juga harus terus belajar dan berkembang ya Squad. Ketika kalian tidak terus belajar dan mencoba beradaptasi, sudah pasti kalian akan tertinggal dengan perkembangan yang begitu pesat. Karena sekarang kalian sudah tahu apa yang dimaksud dengan globalisasi, maka kalian harus cermat dalam menghadapinya. (https://blog.ruangguru.com/pengertian-dan-karakteristik-globalisasi)

Ketika kalian mendengar kata “Globalisasi”, lalu apa yang terlintas di benak kalian? Oke, mungkin yang terlintas di pikiran kalian adalah soal kemajuan atau mungkin ada yang berpikir bahwa globalisasi itu sebuah ancaman. Hmm sebenarnya tidak ada yang salah dari keduanya. Globalisasi memang memberikan dampak yang bermacam-macam bagi kehidupan makhluk hidup, terutama manusia, tergantung bagaimana manusia menyikapinya.

Kalian pastinya sudah tahu kan kalau globalisasi adalah fenomena sosial yang sangat dekat dengan kehidupan kita. Mulai dari globalisasi teknologi, globalisasi alat komunikasi, dan globalisasi budaya yang berkaitan dengan perubahan gaya hidup masyarakat.

Globalisasi teknologi tidak bisa kita hindari, kenapa? Karena teknologi terus berkembang seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Kalian harus lihat, bagaimana China perlahan mulai menyaingi Jepang dalam ranah teknologi. Begitu pula dengan penemuan-penemuan pada bidang teknologi lainnya. Mulai dari teknologi komunikasi sampai teknologi peralatan perang. Baik Negara bagian timur dan Barat, semua berlomba membuat terobosan baru pada ranah teknologi.

Total pengguna dan tingkat pemahaman masyarakat terhadap teknologi

dan Internet di Indonesia (Sumber: teknonisme.com)

Semua kemajuan itu terjadi karena perkembangan ilmu pengetahuan. Sedari kecil, para penemu ini sudah sangat tertarik dengan ilmu pengetahuan, sehingga mereka mulai mencoba, mencari, meneliti, dan ahirnya mencipta. Sedangkan, ketika pemahaman terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi rendah, akan berdampak pada rendahnya kualitas sumber daya manusia.

Oke, contoh dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat memunculkan SDM yang berkualitas, bisa kita lihat pada Gojek, Tokopedia, Ruangguru, ketiganya adalah karya anak-anak Indonesia. Mereka memanfaatkan teknologi untuk membantu masyarakat dalam beraktifitas, bepergian, belanja, dan juga belajar.

Terus kalian pastinya tahu dong mobil ESEMKA, itu juga salah satu dari karya anak bangsa. Artinya, kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan pun sudah dimanfaatkan dengan baik oleh anak-anak muda Indonesia, dan hal ini memberi dampak positif bagi masyarakat.

Mobil esemka hasil karya anak bangsa (Sumber: dennydio.staf.akprind.ac.id)

Selanjutnya kita akan lihat dampak positif dan negatif globalisasi pada bidang ekonomi, bidang sosial budaya, dan bidang politik.

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF GLOBALISASI DI BIDANG EKONOMI

Perekonomian adalah bagian dari kehidupan sosial yang paling banyak bersentuhan dengan globalisasi. Misalnya perdagangan internasional dan masuknya barang-barang impor di Indonesia. Globalisasi ekonomi pun membawa dampak positif bagi masyarakat kita, misalnya sebagai pemicu kreativitas dan inovasi masyarakat untuk bertahan dan bersaing dalam perdagangan global. Kemudian ada juga dampak negatif globalisasi di bidang ekonomi yang bisa menimbulkan kesenjangan ekonomi di masyarakat luas.

Contoh dari globalisasi di bidang ekonomi salah satunya adalah e-commerce, seperti Tokopedia, Amazon, Ebay, dan lainnya. E-commerce menjadi salah satu bisnis yang sedang tumbuh pesat. Melalui e-commerce, manusia akan dimanjakan oleh kemudahan-kemudahan bertransaksi barang apapun. Bisnis e-commerce ini didukung oleh kemajuan teknologi dan industri telekomunikasi dan informasi.


DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF GLOBALISASI DI BIDANG SOSIAL BUDAYA

Globalisasi membawa dua dampak bagi kehidupan sosial budaya masyarakat. Secara garis besar, globalisasi banyak mengubah pola pikir masyarakat yang tadinya tradisional dan akhirnya berkembang menuju modern. Globalisasi juga mengubah pola kehidupan masyarakat, salah satunya menuntun masyarakat jadi mengenal banyak budaya dari negara-negara di luar.

Akan tetapi, masuknya budaya luar pun harus menjadi perhatian kita nih Squad. Saat ini kebanyakan anak-anak muda mulai tidak mengenal budaya asli Indonesia. Hal ini sangat disayangkan, karena di dalam kebudayaan lokal, terkandung banyak makna dan nilai yang bisa kita pelajari. Untuk itu, dalam menerima perkembangan budaya luar, kita pun tidak boleh melupakan budaya sendiri.

Dampak positif dan negatif globalisasi di bidang sosial budaya

Sekarang kalian sudah paham kan, bahwa globalisasi memiliki dampak positif dan negatif bagi masyarakat dan negara. Baik globalisasi teknologi, globalisasi ekonomi, globalisasi sosial budaya, semua memiliki dampak positif dan negatif. Lalu bagaimana agar kita bisa mengantisipasi dampak-dampak negatif tersebut? Tentunya dengan terus belajar, perpikir dengan cerdas, dan memperhatikan setiap perkembangan baik ranah sosial, politik, ekonomi, budaya, juga teknologi.

Tinggi rendahnya ilmu pengetahuan kita, berdampak pada tinggi rendahnya dampak postifi dan negatif globalisasi. So kalian bisa belajar di ruangbelajar, di mana kalian akan belajar dengan menggunakan aplikasi dan internet. Model pembelajaran yang canggih, kemudian efektif serta lebih terfokus pada contoh real, dapat membuat kalian mudah memahami materi-materi yang diajarkan. (https://blog.ruangguru.com/dampak-positif-dan-negatif-globalisasi-ekonomi-dan-sosial-budaya).

Beberapa Upaya untuk Menghadapi Globalisasi

Pastinya kalian tahu kalau globalisasi adalah fenomena yang tidak bisa dihindari. Globalisasi datang seiring dengan pesatnya laju perkembangan ilmu pengetahuan. Globalisasi mempengaruhi berbagai aspek, mulai dari teknologi komunikasi dan informasi, ekonomi, sosial, budaya, bahasa, dan masih banyak lainnya. Pada artikel ini, kita akan bahas beberapa upaya untuk menghadapi globalisasi dalam memperkokoh kehidupan kebangsaan kita.

Globalisasi membawa dampak positif dan negatif pada kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Pada setiap aspek yang terpengaruh oleh arus globalisasi, selalu memunculkan kedua dampak tersebut, baik secara positif maupun negatif. Lalu, upaya apa yang harus dilakukan oleh negara juga kita sebagai masyarakat dalam menghadapi dan menyikapi dampak-dampak globalisasi dengan baik?

 

UPAYA MENGHADAPI GLOBALISASI DI KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Globalisasi faktanya membawa dampak yang besar bagi kehidupan kelompok masyarakat juga pada setiap individu. Kenapa bisa begitu? Karena di era globalisasi seperti sekarang, seorang remaja seperti kalian dapat dengan mudah mengakses berita-berita, musik, film, dan gaya hidup masyarakat di negara lain melalui internet. Percepatan dan keterbukaan arus informasi inilah yang kemudian mengubah gaya hidup dan cara pandang seseorang.





Globalisasi membawa masyarakat pada keadaan culture shock atau gegar budaya, di mana masyarakat dalam keadaan tidak siap atau terkejut dengan kebudayaan baru yang masuk di kehidupan sehari-hari mereka. Akibatnya, kebiasaan-kebiasaan dan norma-norma lama yang berlaku mulai pudar karena masuknya budaya asing.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan sebagai remaja dalam menghadapi globalisasi.

UPAYA MENGHADAPI GLOBALISASI DI KEHIDUPAN SEHARI-HARI




Aksi ajakan mencintai produk-produk lokal (Sumber: inspiratorfreak.com)

  • Mencintai produk dalam negeri

Mencintai produk dalam negeri adalah sikap yang bisa dikembangkan untuk menghindari gaya hidup ala Barat yang berlebihan.

  • Menyaring budaya asing sesuai dengan panduan nilai, norma, dan keyakinan agama

Untuk menghadapi globalisasi dan kemajemukan budaya, semua orang harus bisa menyaring kebudayaan asing sesuai dengan kebudayaan lokal.

  • Memahami nilai-nilai kebangsaan dan pancasila dengan baik

Cinta akan nilai-nilai pancasila akan membantu kita untuk tetap menghormati budaya Indonesia meski sudah banyak budaya asing yang masuk ke kehidupan sehari-hari kita.

Lalu apakah hanya kita saja yang harus berupaya menghadapi arus globalisasi? Hmm tentunya tidak, karena negara dengan pemerintahannya pun turut bertanggung jawab. Ada beberapa hal yang harus jadi perhatian pemerintah.


Contoh usaha mikro (Sumber: vibizmedia.com)


  • Memprioritaskan pemulihan ekonomi

Jika kita ingin Negara memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, pastinya aspek ekonomi menjadi salah satu prioritas utama. Jika tidak, banyak konsekuensi yang akan dihadapi, seperti:

1. Meningkatnya harga barang-barang (inflasi yang tinggi),

2. Pengangguran yang semakin membengkak

3. Kemiskinan yang semakin memilukan,

4. Pertumbuhan ekonomi yang masih rendah.

5. Potensi konflik di masyarakat yang semakin tinggi

  • Meningkatkan daya potensi nasional

Dengan sumber daya alam dan manusia yang berlimpah, sudah seharusnya negara kita menjadi negara yang mampu memenuhi segala kebutuhannya secara mandiri. Tentunya dengan kualitas sumber daya manusia yang mampu mengolah sumber daya alam yang kita miliki, bukan lagi bergantung pada pihak asing.

  • Memasukkan kemajuan teknologi dalam pembangunan

Contohnya dengan menyediakan jaringan informasi yang menghubungkan berbagai pihak, mulai dari pemerintah, BUMN, juga swasta baik dari dalam maupun luar negeri. Tujuannya untuk meningkatkan daya saing produk dalam negeri kita.

  • Meningkatkan pengembangan usaha mikro

Indonesia memiliki potensi dan kekuatan pada ranah usaha mikro. Usaha-usaha mikro memiliki beberapa keunggulan, seperti menjadi penyedia barang-barang murah untuk rumah tangga maupun ekspor, efisiensi dan fleksibilitas yang tinggi, semangat usaha tinggi, profitabilitas yang tinggi, serta kemampuan pengembalian pinjaman yang tinggi.

  • Melakukan deregulasi dan debirokrasi

Tujuannya adalah untuk menciptakan regulasi baru dalam menjunjung tinggi supremasi hukum, pengakuan terhadap hak-hak asasi manusia, hak kepemilikan, kebebasan berusaha, dan hak-hak masyarakat sipil.

  • Memanfaatkan forum-forum kerja sama Internasional

Tujuannya guna memperdalam kerja sama untuk saling menguntungkan, mendorong proses globalisasi perdagangan dan investasi, serta kerja sama ekonomi dan teknologi.

Sudah jelaskan sekarang Squad apa yang harus kalian lakukan? Ya, mencintai produk-produk dalam negeri adalah salah satu cara sederhana yang bisa kalian lakukan, sebagai upaya menghadapi globalisasi. Dengan begitu kita bisa membantu pemerintah untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan kita.

Tapi kalian jangan lupa, ilmu pengetahuan kalian pun harus terus meningkat. Bagaimana caranya? Kalian bisa belajar melalui aplikasi Ruangguru. Dengan produk ruangbelajar, kalian bisa belajar dengan praktis, efektif, dan efisien. Belajar bisa di mana saja, dan kapanpun kalian mood. Jadi, jangan sampai ilmu pengetahuan kalian segitu-gitu aja, apalagi di era globalisasi seperti ini. (https://blog.ruangguru.com/beberapa-upaya-untuk-menghadapi-globalisasi).

 

 

Salam Literasi

 

Lenteng Agung 2020

 


Komentar

  1. Terimakasih bu, blog ini sangat membantu saya dalam belajar pelajaran ips(sosiologi)👍🏻👍🏻👍🏻

    BalasHapus
  2. Terima kasih bu, blog ini sangat membantu dalam proses pembelajaran IPS😁

    BalasHapus

Posting Komentar

Jumlah Pembaca

Bab II Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi

Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat

AKTIVITAS MANUSIA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN