BLOG WADAH LITERASI LITERAT SEJATI

 

BLOG WADAH LITERASI LITERAT SEJATI





Anda Penulis? Lalu dimana Anda menuangkan ide-ide Anda setelah hasil tulisan Anda sudah di buat? Apakah disimpan di dalam Hardisk, Flasdisk, atau alat penyimpanan lainnya. Kalau Anda simpan hasil tulisan Anda, Apa manfaat tulisan yang sudah Anda buat?. Kalau Anda tidak mengeksposnya, maka tulisan Anda hanya akan menjadi bacaan bagi diri Anda sendiri. Apakah Anda berkeinginan agar tulisan Anda bermanfaat. Maka tuangkanlah ide-ide Anda ke dalam sebuah Wadah yang nama BLOG.

Apa sih itu Blog? Blog adalah sebuah singkatan dari website log yang merupakan jurnal, artikel atau informasi online dibuat berurutan berdasarkan tanggal penerbitan, dengan konten terbaru berada di urutan teratas. 


Terminologi blog :

Blog  = jurnal atau artikel yang ada di internet.

Blogger  = seseorang yang menulis jurnal atau artikel di blog.

Blogging = kegiatan menulis jurnal atau artikel di blog. Dikenal juga dengan sebutan "ngeblog".

Fungsi dan manfaat blog

·         Kemudahan dalam menyajikan atau berbagi informasi untuk orang lain melalui internet.

·         Perusahaan bisa memberikan wawasan dan informasi terbaru untuk klien dan pelanggannya sekaligus menjalankan content marketing untuk calon pelanggan.

·         Melalui blog, pengguna bisa saling berinteraksi dengan Anda atau bisnis Anda.

·         Promosi atau memasarkan sebuah produk atau jasa.

·         Mengekspresikan pemikiran atau opini.

·         Untuk meningkatkan kemampuan menulis (copywriting).

·         Membangun personal branding.

·         Membangun relasi dengan blogger lain.

·         Bisa mendapatkan uang dari internet melalui blog. Ini yang paling populer baik di dunia maupun di Indonesia sendiri. Sebut saja program seperti Google Adsense, afiliasi maupun email list building yang bisa dilakukan dengan mudah melalui blog.  (https://www.tutorialwordpresspemula.com/apa-itu-blog/#:~:text=Blog%20adalah%20platform%20khusus%20yang,dengan%20berbagai%20fungsi%20sesuai%20kebutuhannya.)

 

Untuk teman-teman yang sudah bergabung di Media Guru Indonesia, atau yang di kenal dengan sebutan gurusiana.id, ini adalah Blog Penulis. Jika Anda klik domainnya https://hindun.gurusiana.id, ini adalah Blog milik Aku yang berisi tentang tulisan yang pernah ku buat. Jika Anda ingin punya sendiri Anda bisa membuatnya sesuai dengan keinginan kita. Seperti Blog yang Aku miliki, walaupun sederhana, anda bisa melihatnya di sini; http://myipssmp.blogspot.com/. Blog ini sebenarnya sudah lama ada tapi terus terang Aku belum bisa menuangkan tulisan ke dalam blogku sendiri. Karena memang belum bisa. Aku belajar menulis di Blogku sendiri untuk pembelajaran Online, karena Aku juga baru bisa. Tapi semuanya itu bisa dilakukan asalkan ada kemauan, walaupun bentuk blognya masih amburadul, dan jauh dari kata sempurna, yang penting sudah ada keinginan untuk memulai belajar. Belajar Menulis atau Literasi.

Setiap manusia yang lahir di muka bumi ini itu luar biasa potensi yang ada dalam diri sendiri harus terus diasah menjadi luar biasa. Seperti halnya dengan menulis, menulis itu bukan bakat, tapi keinginan yang kuat untuk menghasilkan sebuah tulisan. Orang mencari Kebahagiaan akan tetapi bahagia ternyata bisa diciptakan kalimat bahagia bisa hadir untuk berbagi kebahagiaan. Berbagi kebahagiaan melalui kalimat kalimat yang baik, semoga ini menjadi suatu langkah untuk Indonesia agar menjadi  lebih baik dan hebat, salam bahagia.

Mari Belajar menulis dengan diawali Komitmen yang kuat, seringlah membagikan postingan kita, atau buatlah tulisan yang menarik yang bisa membuat orang mau membaca. Saya sampai saat ini lebih senang menulis, untuk pengunjung tidak terlalu menjadi hal yang utama, karena kelak tulisan yang saya buat akan menjadi warisan yang dinikmati sepanjang zaman. Boleh kita hidup akan terbatas oleh waktu, akan tetapi karya kita tak akan ada batasnya. Membuat judul yang berbeda dari yang lain, buat judul 5-7 kata. Semoga kita selalu diberikan ide memberikan judul yang menarik. Sebagai tantangan saya akan lihat dari resume yang dibuat sudah mulai memberikan judul yang luar biasa. Buatlah judul resume malam ini yang menarik.

Dari Pembelajaran hari ini Aku dapat menyimpulkan bahwa Jika Anda ingin menjadi seorang penulis maka Menulislah dengan ketulusan. Menulis bukan hanya bertujuan mengejar pengakuan dari selembar kertas (sertifikat). Jadikanlah menulis sebagai cara memanjakan umur kita, boleh kita meninggal akan tetapi tulisan kita bisa dikenang sepanjang zaman.

 

Jadikanlah blog sebagai media penyimpanan tulisan bapak ibu guru. Teruslah belajar mengelola blog yang disukai. Tidaklah membandingkan blog yang satu dengan yang lain. Pelajari terus blog yang sekarang dipelajari. Berlatih kemudian menulis dan simpanlah di blog. Demikian resume tulisanku hari ini semoga bermanfaat. Aamiin.

 

Salam Literasi

 

Lenteng Agung 2020


Komentar

Posting Komentar

Jumlah Pembaca

Bab II Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi

Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat

AKTIVITAS MANUSIA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN